Dortmund Lebih Utamakan Pemain Yang Cedera

Dortmund Lebih Utamakan Pemain Yang Cedera

Dortmund Lebih Utamakan Pemain Yang Cedera

Klub asal Jerman yang dilatih Jurgen Klopp Borussia Dortmund saat ini sedang diganggu oleh cedera yang dialami para pemain sehingga harus menutup tahun dengan pertandingan yang menghasilkan serangkaian hasil yang cukup buruk. Banyak dibicarakan untuk mendatangkan pemain baru di bursa transfer Januari mendatang. Die Borussen malah fokus untuk menyembuhkan para pemain yang cedera. Sejak bulan November lalu laju klub yang berasal di Signal Iduna Park harus diganjal oleh krisis pemain akibat cedera. Tercatat setidaknya ada beberapa pemain yang cedera seperti Marcel Schmelzer, Mats Hummels, Neven Subotic, dan Ilkay Gundogan yang harus absen membela Dortmund dan belum bisa merumput kembali hingga pertandingan terakhir tahun 2013.

Kehilangan para pemain andalannya membuat Die Borussen mengalami penurunan performa. Dalam enam pertandingan terakhir di Bundesliga tim asuhan Jurgen Klopp itu hanya meraih satu kemenangan, hasil imbang satu kali, dan empat kali menelan kekalahan. Bahkan tiga pertandingan kandang terakhir yang dijalani tahun ini harus berakhir dengan hasil yang negatif. Oleh karena itu, banyak pihak yang menduga bahwa Dortmund akan mendatangkan sejumlah pemain baru di bursa transfer untuk mengatasi hal yang serupa terjadi di paruh kedua musim. Apalagi pemain andalan di lini pertahanan Neven Subotic harus absen hingga akhir musim ini. Sehingga dirasa untuk perlu menambal lubang yang telah ditinggalkannya.

Meski sedang mengalami situasi yang sangat sulit Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc menyebut bahwa timnya akan tetap fokus pada pemulihan para pemain yang cedera. Dortmund lebih fokus melakukan itu ketimbang harus mendatangkan pemain baru di bursa transfer Januari nanti. Menurutnya pemain baru akan sangat membutuhkan waktu untuk beradaptasi. “Kami akan lebih mengandalkan para pemain yang pulih lebih cepat dari cederanya untuk separuh musim nanti. Hal bagusnya adalah bahwa pemain tengah Gundogan dan Schmelzer telah berlatih penuh dengan tim sebelum pertandingan melawan Hertha.” “Lebih mudah untuk kami jika para pemain kami yang cedera bisa kembali bergabung dalam persiapan kami dalam menjalani pertandingan.”

Zorc juga telah mengomentari perjalanan separuh musim para pemain baru bersama Dortmund seperti mantan pemain Shaktar Donetsk Henrikh Mkhitaryan, penyerang Pierre-Emerick Aubameyang dan pemain belakang Sokratis Papastathopoulos. Ketiganya mampu tampil cukup baik sejauh ini. Mkhitaryan bermain 15 kali di Bundesliga dengan menorehkan tiga gol dan empat assist dan Aubameyang tampil tajam dengan koleksi sembilan gol dan satu umpan kepada rekannya. Sementara Papastathopoulos jadi andalan di lini belakang dan telah menyumbangkan satu gol. “Mereka bekerja dengan sangat baik. Setelah banyaknya pemain yang cedera bagi mereka adalah diekspektasikan dan siap untuk mengambil peran penting yang akan jadi permintaan yang sangat sulit. Tapi mereka akan menjadi pemain yang lebih hebat.”